Sabtu, 07 Juli 2007

Frekwensi Milik Siapa ?

Dari informasi beberapa sumber yang bisa dipercaya - wah kayak investigasi wartawan aja - ada yang lagi "sedikit ruwet" di Malang beberapa hari ini berkaitan dengan penataan frekwensi radio di gelombang FM.
Seorang teman dari teman saya, yang radionya berada di frekwensi 97 MHZ mengeluh dengan munculnya radio lain yang tiba-tiba menempati frekwensinya. Radio Senaputra yang sebelumnya berada di gelombang 91,9 Mhz, tiba-tiba memindah frekwensinya ke gelombang 97 Mhz. Padahal frekwensi itu sudah ditempati oleh radio temannya teman saya (Radio Mitra FM Batu) sejak beberapa tahun lalu. Sedangkan radio Senaputra baru berpindah ke gelombang FM beberapa bulan ini. Sebelumnya Radio ini berada di gelombang AM.
Menurut temannya teman saya, kasus ini sudah dilaporkan ke KPI bahkan ke Kepolisian.
Enggak tau tuh gimana hasilnya ?
Saya juga enggak berhak menilai siapa yang salah, siapa yang benar. Tapi yang jelas kejadian ini pasti akan menimbulkan akibat yang kurang baik dan merugikan salah satu pihak, atau bahkan pihak-pihak yang lain. Sebab menurut pantauan saya, akibat kejadian ini ada satu radio lain yang berada di gelombang 97,2 Mhz (Radio Sola Gracia)terkena imbasnya juga. Gimana enggak, namanya juga frekwensinya mepet banget, ya hasilnya salah satu pasti kena "splenteran"nya.
Lantas pertanyaannya, kok bisa ya ada 2 radio dengan ijin di freqwensi yang sama ? Apakah karena satunya berada di Malang sementara satunya lagi di Batu, lantas itu tidak jadi masalah ? Bukankah realitanya Malang dan Batu hanya berbeda 15-20 Km ?
Jadi, sebenarnya frekwensi 97 Mhz itu milik siapa ?
Gimana menurut anda ?

4 komentar:

dodon_jerry mengatakan...

memang susah... oke deh mas... ini saya copy dari milis saya... ngga tahu berguna apa ngga?! hehehe

Guys, "radio bodong" mang bikin gerah ya
di mana aja banyak radio "bodong" yang terus
siaran...terlepas dari apa siarannya

pertanyaannya :

kenapa radio "bodong" seenaknya nempatin freq radio
komunitas tanpa ada teguran dari KPI????hukum dah
dibuat detil....gw percaya bro. tapiiiiii gak bisa
dipungkirin klo "money talks" ya khan?

apa radio komunitas juga harus menggunakan uang untuk
leluasa mendapatkan sesuatu hal yang udah semestinya
"milik" radio komunitas spt frekuensi??

mental di tingkat "atas" bro.....yang harus
diperbaikin

PERCUMA KITA (rakom) "MERENGEK2" ke pejabat yang
dipikirannya cuma uang...uang. ..dan uang.gak ada
gunanya lah. masuk telinga kiri...keluar telinga
kanan.

ada 'pejabat" yang mau berkomentar? ????

bukan barang aneh di indonesia ini kalo ada yang
berjalan semaunya sendiri termasuk "menempati"
frekuensi tententu untuk siarannya. ada radio
komersil
yang menempati slot radio komunitas, dan ada yang
jelas2 menamakan diri sebagai radio komunitas tapi
siaran di frekuensi radio komersil

anehnya di surabaya ini ada 2 radio komersil yang
mengklaim 1 frekuensi yang sama. sama2 siaran!
dan masih di surabaya juga, ada beberapa radio
komunitas yang mengklaim frekuensi yang sama padahal
jaraknya kurang dari 2x jangkauan maksimal yang
diijinkan (toh mereka juga belum berijin, hehehe...)

trus ngomongin radio resmi, ada yang mengklain
sudah mendapat legitimasi dari lembaga tertentu.
misalnya ada radio yang mengaku resmi hanya dengan
rekomendasi bupati/walikota. ada yang merasa resmi
karena sudah mendapat "restu" dari kepolisian
setempat. ada yang merasa resmi karena sudah
mendaftar
di balmon

trus... gimana dong enaknya?

apa terus siaran aja tanpa ijin frekuensi dan ijin
siaran? toh pemasang iklan gak pernah tanya ttg ini
kan?

apa nunggu turunnya ijin? sementara mungkin radio
lain
terus mengudara dan membentuk komunitas
pendengarnya,
akhirnya kan kita kehilangan kesempatan untuk
dikenal
opini enaknya gmn. kalo ngomongin radio komersil
mungkin uang bisa bicara. tapi radio komunitas?


mudah-mudahan ada tanggapan lagi!!

YC2KEJ mengatakan...

kalo susah-susah gak mau pindah frekwensi ndak usah bingung mas, mungkin radio yang satunya pengen ngetrek dengan radio njenengan, ato bikin aja repeater di Batu kan daya jangkaunya lebih jauh lagi....

KSBFM KASEMBON MALANG mengatakan...

salam sejahtera , kami berada di pingiran kab malang tapatnya di kasembon alamat studio kami di jl.raya malang no.09 belakang pasar kasembon. kami sudah hampir 5 tahun on air dengan jangkuan kasembon dan sekitarnya.mohon masukan bibingan para senior boatcaster untuk kemajuan kami


http://ksbradio.com
http://ksbfm.blogspot.com
http://ksbfm.multiply.com
http://ksbfm.friendster.com
:facebook ksbfm
email: ksbfm@yahoo.co.id
mobil phone :081333678588

salam
salam

dobrak

KSBFM KASEMBON MALANG mengatakan...

SEGENAP DEREKSI DAN CREW KSBFM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SHAWAL 1430 MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.


http://ksbfm.blogspot.com
http://ksbfm.multiply.com
http://ksbradio.com
http://ksbfm.friendster.com
email : dobrak_ksbfm.co.id
mobil phone :081333878588

salam

Dobrak ksbfm